Rangkuman Bab 1 BTIK (Buku 2)

 Dhiya Zahran R. Kelas 8A (10)

Bab 1 : Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet

Internet adalah suatu sistem jaringan terinterkoneksi  yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP/IP. Internet berasal dari kata interconnected-networking yang artinya jaringan komputer yang saling terkoneksi. Dapat disimpulkan bahwa internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan yang sangat besar. Internet terdiri dan dibagi menjadi beberapa jaringan-jaringan berupa jaringan lokal (LAN), jaringan kota (MAN), dan jaringan wilayah tertentu (WAN), internet, dan intranet.

Internet mampu menghubungkan dua komputer atau lebih sehingga komputer bisa saling mengakses informasi dan berkomunikasi. Jadi Internet dapat digunakan sebagai sumber data dan informasi, serta sebagai sarana komunikasi. Karena itu lah internet adalah salah satu pemicu terjadinya globalisasi di seluruh dunia. 

Jaringan komputer memiliki beberapa manfaat, antaranya :

1. Membagi sumber daya

2. Reliabilitas tinggi

3. Menghemat uang

4. Sebagai sarana komunikasi

Seiring berkembangnya internet, banyak aplikasi yang dapat digunakan di internet dan semakin bertambah. Aplikasi-aplikasi tersebut seperti :

1. Discussion Board dan Newsgroup

2. World Wide Web (Aplikasi paling banyak digunakan untuk menyimpan data)

3. Email (Electronic Mail) dan Mailing List

4. Weblog

Selain aplikasi-aplikasi tersebut, banyak teknologi baru di internet yang diperkenalkan beberapa tahun kemudian, seperti :

1. Social Media (Media Sosial)

2. Cloud Storage

3. Aplikasi Berbasis Cloud

4. Mesin Pencari (seperti Google dan Yahoo)

Ketika terjadi komunikasi antara dua komputer, ada sebuah proses yang harus dilewati dulu sehingga data yang terkirim dapat tiba di tujuan dengan aman, cepat, dan utuh. Rangkaian proses yang terjadi adalah sebagai berikut :

1. Komunikasi Data

2. Keamanan Data

3. Teknologi Keamanan Data (seperti fire-wall dan enkripsi data)

Terima kasih untuk sudah membaca, mohon maaf bila ada kesalahan. Semoga tetap aman dari Covid-19 Amin... Wassalamualaikum Wr. Wb.


Dhiya Zahran R. - Kelas 8A - Absen 10

Hari Senin, Tanggal 10 Agustus 2020



Comments

Popular posts from this blog

Tugas Latihan Bab 1 Hal. 70-73 di Buku Informatika 2

Latihan Akhir Bab 2 (Informatika)

latihan akhir bab 4 (buku informatika hal. 236-240)