Kegiatan Hari Peringatan Maulid Nabi


Dhiya Zahran Kelas 8A (10)

30 Oktober 2020

Kegiatan Peringatan Maulid Nabi

Pada hari senin, tanggal 26 Oktober 2020, sekolah saya mengadakan sebuah acara untuk peringatan maulid nabi. Acara tersebut diikuti oleh kelas 7, kelas 8, dan kelas 9, serta para guru, POMG, dan ustadz yang akan menyampaikan sebuah ceramah. Acara tersebut diadakan oleh sekolah saya setiap tahun di gedung sekolah dimana seluruh peserta akan berkumpul saat acara berlangsung, tapi karena pandemi virus Covid-19 ini, acara tersebut diadakan melalui PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam acara ini berupa sebuah ceramah yang disampaikan oleh ustadz Usaid dan berbagai perlombaan antarkelas 7, 8, dan 9. Lomba-lomba tersebut dipisah menjadi dua, yaitu Loketa (Lomba Keterampilan Agama) dan Bulba (Bulan Bahasa). Dalam Loketa, lomba-lomba yang diadakan berupa lomba-lomba yang berhubungan dengan agama, seperti kaligrafi, komik islami, tahfidz, kultum, adzan, dan MTQ (membaca Al-Qur'an). Sedangkan Bulba mengadakan lomba-lomba yang berhubungan dengan bahasa indonesia, seperti pidato, debat, puisi, e-poster, fotu, dan membuat cerpen.

Sebelum acara dimulai, siswa-siswi perlu siap-siap dan memasuki zoom meeting acara maulid nabi tersebut. Saat sudah masuk, siswa-siswi perlu menggantikan nama zoom meetingnya dengan yang diberitahu dengan format kelas_absen_nama lengkap. Setelah itu, acara tersebut dimulai pada pukul 07:00. Pertama, acara tersebut dimulai dengan sebuah sambutan oleh anggota OSIS, guru, dan anggota POmG. Lalu, setelah sambutan tersebut seorang anggota Rohis akan membaca Al-Qur'an atau tilawah. Setelah itu, ustadz Usaid menyampaikan sebuah ceramah. Acara tersebut berlangsung hingga pukul 08:20, dimana para siswa-siswi diperbolehkan untuk beristirahat terlebih dahulu. Setelah istirahat selesai, perlombaan akan dimulai. Acara tersebut berlangsung kembali pada pukul 08:50, dimana para siswa-siswi yang mengikuti sebuah lomba diperintahkan untuk memasuki zoom meeting perlombaan masing-masing. Siswa-siwi yang tidak mengikuti perlombaan apa pun diperintahkan untuk memasuki zoom meeting sebuah perlombaan untuk mensupport atau mendukung peserta dari kelas sendiri.

Untuk saya, saya diperintahkan untuk memasuki zoom meeting kelas 7D untuk melaksanakan lomba komik islami. Setelah memasuki zoom meeting lomba masing--masing, penanggung jawab lomba yang merupakan anggota OSIS akan menyampaikan teknis dan aturan-aturan lomba tersebut. Lalu, lomba pun dimulai. Setelah lomba selesai dilaksanakan, para peserta lomba diperbolehkan untuk meninggalkan zoom meetingnya dan segera memasuki zoom meeting lomba yang lain untuk menjadi supporter para peserta lomba-lomba yang lain. Saat saya sudah selesai dan sudah leave zoom meeting lomba saya, saya memasuki zoom meeting angkatan atau acara maulid nabi lagi untuk menyaksikan lomba debat yang sedang berlangsung. Saat itu, banyak lomba yang sudah selesai dan satu-satunya yang belum selesai adalah lomba debat.

Lomba tersebut cukup menarik karena lomba debat merupakan perlawanan antara dua kelompok yang berusaha sekeras mungkin untuk tidak menyerah kepada kelompok lawan dan tetap berpegang teguh dengan pendapat kelompoknya. Topik yang dibahas di lomba debat tersebut macam-macam, seperti "Apakah Indonesia siap offline pada bulan Januari?".

Dan itu adalah rangkuman dan pengalaman saya di acara Peringatan Maulid Nabi yang diadakan oleh sekolah saya, terima kasih untuk sudah membaca sampai disini, mohon maaf bila ada kesalahan di blog tersebut, dan saya doakan keamanan dari virus Covid-19.

Sekali lagi terima kasih, Wassalamualaikum Wr. Wb.

Dhiya Zahran 8A (10)

30 Oktober 2020







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tugas Latihan Bab 1 Hal. 70-73 di Buku Informatika 2

Latihan Akhir Bab 2 (Informatika)

latihan akhir bab 4 (buku informatika hal. 236-240)