Pengalaman DigiLabs

Dhiya Zahran Kelas 8A (10)

Pengalaman DigiLabs

Assalamualaikum Wr. Wb. nama saya Dhiya, saya dari Kelas 8A absen 10 dan pada hari ini saya ingin menjelaskan acara DigiLabs, atau singkatan dari Digital Labs, secara rinci dan singkat serta menceritakkan pengalaman saya juga saat menyaksikan acara ini.

Acara DigiLabs atau Digital Labs diadakan pada tanggal 29 September 2020 oleh sekolah saya, SMP Labschool Jakarta. Acara tersebut diadakan dengan menggunakan aplikasi Zoom sebab PJJ tetap berlaku sehingga semua peserta dari kelas 7, kelas 8, hingga kelas 9 menyaksikan acara tersebut dengan zoom meeting. Acara tersebut berlangsung selama 5 jam, mulai dari pukul 07:00 hingga selesai pada pukul 12:00. Acara pada tahun ini temanya adalah "Teen and Tech : NAVIGATING DIGITAL LANDSCAPE" dan membahas tentang bagaimana remaja seumuran kita harus lebih bijak dalam menggunakan gadget dan internet di masa PSBB ini. 

Zoom meeting untuk peserta kelas 7, 8, dan 9 dipisahkan menjadi 3 room. Untuk peserta kelas 7 zoom meeting acaranya berlangsung di zoom meeting utama, sedangkan kelas 8 dan kelas 9 dipisahkan menjadi 2 breakout-room. Pembawa materi kelas 7 adalah Kak Cleivo, Pembawa materi kelas 8 adalah Bu Ninin Musa dan Bapak Deswara Aulia, dan pembawa materi kelas 9 adalah Faris Mufid dan Helda Chandra.

Selama acara DigiLabs berlangsung, semua siswa diharapkan untuk menggunakan seragam lengkap, menggunakan virtual background yang dikasih, dan membuka kamera selama acara berlangsung kecuali saat sedang istirahat. Acara dimulai dengan sambutan dari kepala sekolah, yaitu Bpk. Asdi Wiharto, serta sambutan dari perwakilan POMG dan kepala BPS Smp Labschool JKT. Untuk pembawa materi dialog interaktif kelas 8 tahun ini adalah Kak Firman. Materi yang dibawa oleh Kak Firman sangat bagus dan seru dan juga mudah untuk dimengerti. Setelah itu kita diberi istirahat selama 30 menit tetapi tidak boleh keluar dari break-out room zoom meeting, tapi boleh mematikan kamera.

Setelah istirahat selesai, ada penyampaian materi lagi oleh Bu Ninin Musa. Untuk materi ini saya cukup tertarik, bukan hanya bahwa pembawa materinya merupakan Ibu dari salah satu teman saya, tapi saya juga tertarik dengan materi yang disampaikannya. Saya memang dari dulu selalu tertarik dengan pembuatan film dan bahkan saya juga pernah membuat film saya sendiri. Karena Bu Ninin merupakan produser film-film Indonesia profesional, saya tentu jadi cukup tertarik dengan materi yang disampaikannya. Bu Nini menjelaskan bagaimana proses pembuatan film, dari mencari direktor yang bagus, aktor-aktor yang cocok, bahkan hingga cara mengedit sebuah film dengan hanya menggunakan green screen menjadi seperti benar-benar nyata. Salah satu karyanya adalah sebuah film horror Indonesia yang cukup populer, yaitu Sacred Riana. Saat saya dengar bahwa itu merupakan salah satu karyanya saya jadi semakin tertarik.

Tetapi saya masih lebih tertarik dengan materi yang disampaikan oleh pembicara selanjutnya, yaitu materi oleh Bapak Deswara. Pak Deswara dulunya bekerja sebagai seorang animator di luar negeri dan pekerjaannya sekarang adalah praktisi online media dan marketing. Pak Deswara sering terlibat dalam proyek-proyek international, salah satunya adalah Tripping the rift. Tetapi bagian dari materinya yang paling menarik bagi saya adalah saat dibicarakan di sesi pertanyaan saat dia menjawab sebuah pertanyaan  tentang cara membuat animasi dengan menggunakan CGI. Saya juga selalu tertarik dengan animasi dari dulu jadi saya menjadi lebih tertarik dengan materi ini. Dia juga membahas bagaimana bisa bekerja dengan mudah dengan menggambar di sebuah website yaitu Fiverr, dan lain-lain juga.

Menurut saya, materi-materi yang disampaikan oleh Kak Firman, Bu Ninin, dan Pak Deswara sangat bagus dan bermanfaat dan juga semoga materi-materi tersebut bisa bermanfaat juga untuk yang lain. Dan juga semoga semua peserta, tamu-tamu, guru-guru, dan orangtua murid di DigiLabs dapat dilindungi oleh Allah dari virus corona, PSBB cepat selesai, dan semuanya di rumah tetap aman, Amin. Terima kasih untuk membaca blog ini dan mohon maaf bila ada kesalahan di blog ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Dhiya Zahran Kelas 8A (10)

Minggu, 4 Oktober 2020




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tugas Latihan Bab 1 Hal. 70-73 di Buku Informatika 2

Latihan Akhir Bab 2 (Informatika)

latihan akhir bab 4 (buku informatika hal. 236-240)